Thursday, November 10, 2016

Kebiasaan Sebelum Tidur yang dapat Merusak Kulit

Merawat kulit wajah tidak hanya dilakukan pada waktu senggang tetapi sebagai bentuk syukur kepada Tuhan YME kita harus merawat kulit dan tubuh kita sepanjang waktu bahkan pada saat tidur sekalipun. Banyak orang tidak menyadari bahkan kebiasaan buruk sebelum tidur bisa menyebabkan jerawat tumbuh subur, komedo bermunculan bahkan keriput sebelum waktunya.

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah? Setiap orang terutama para wanita pastinya ingin memiliki kulit tersebut. Untuk bisa mendapatkannya, mereka akan melakukan apa saja mulai dari melakukan perawatan wajah, masker wajah dan masih banyak lagi. Perlu diketahui bahwa menghapus rias wajah sebelum tidur merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh semua orang.

Namun meskipun sudah banyak yang tahu tidak banyak orang yang melakukan hal ini. Padahal jika tidak dilakukan dengan dengan benar, maka Anda membiarkan wajah dengan mengalami penuaan dini. Akan tetapi membersihkan riasan wajah juga bukan hal satu-satunya hal yang harus dilakukan setiap hari sebelum tidur. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar, Anda harus menghindari beberapa hal yang dapat merusak kesehatan kulit. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.kebiasaan-sebelum-tidur-yang-dapat-merusak-kulit


Inilah Kebiasaan Sebelum Tidur yang dapat Merusak Kulit


Bermain Gadget Sebelum Tidur

Yang pertama adalah bermain gadget sebelum tidur. Kebiasaan ini perlu Anda hindari, sebab sinar biru yang terpancar dari komputer, TV dan gadget dapat menganggu kerja hormon penyebab kantuk atau hormon melatonin. Sehingga Anda tidak jadi mengantuk di saat seharusnya sudah terlelap.

Perlu diketahui pula kurang tidur tidak hanya meningkatkan resiko depresi dan kanker akan tetapi juga dapat membuat kulit tidak segar. Selain itu melihat gadget atau TV pada waktu malam juga dapat menyebabkan kerutan di sekitar kulit mata yang menyebabkan Anda lebih tua dari usia sebenarnya.


Baca juga cara mengempeskan jerawat dengan cepat hanya dalam semalam

Tidak Mencuci Wajah
Yang kedua adalah tidak mencuci wajah di malam hari. Meskipun Anda tidak menggunakan riasan atau make up, di wajah tetap ada banyak polutan dan kotoran. Dan saat Anda sedang tidur kulit akan beregenerasi dan sel kulit yang sudah tua akan mati dan berganti dengan yang baru.

Jika ada kotoran atau minyak di wajah yang masih tersisa, akan sulit bagi kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Jika hal ini sering terjadi maka sel kulit mati akan menumpuk, menyumbat pori-pori dan akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Tidak Menggunakan Retinol dan Pelembab

Kebiasaan yang dapat merusak kulit selanjutnya adalah tidak menggunakan retinol dan pelembab. Produk retinol sangat baik untuk semua orang, baik kulit berminyak ataupun kulit kering. Retinol bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan kolagen. Setelah mencuci wajah, terapkan pemakaian krim retinol secara merata di wajah lalu lanjutkan dengan pemakaian pelembab pada wajah.

Menunggu Terlalu Lama untuk Mencuci Wajah

Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak kesehatan kulit selanjutnya adalah menunggu terlalu lama untuk mencuci wajah. Perlu diketahui bahwa hal pertama yang harus dilakukan ketika tiba di rumah adalah mencuci wajah.

Anda tidak harus menunggu sampai waktu tidur untuk membersihkan wajah, jika Anda tidak langsung membersihkan wajah maka berarti Anda membiarkan empat hingga 8 jam ekstra bagi kotoran menyumbat pori. Akhirnya hal ini dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Terlalu Banyak menggunakan Produk Perawatan Kulit

Retinol dan pelembab yang Anda gunakan mungkin sudah cukup untuk kulit Anda. Oleh karena itu Anda jangan terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit. Sebab terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit justru akan membuat kulit kering dan teriritasi.

Hanya Melembabkan Wajah

Memang benar, wajah merupakan salah satu hal yang membutuhkan perhatian penting. Namun bagian kulit lainnya juga sangat penting pula untuk diperhatikan, mulai dari kulit tangan, kaki, leher dan seluruh tubuh. Oleh karena itu gunakanlah pelembab di seluruh tubuh sebelum tidur, termasuk tumit, lutut, siku dan setiap lekukan tubuh Anda.

Mencuci Wajah dengan Air Panas atau Dingin

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah dengan sering mencuci wajah dengan air panas ataupun air dingin. Anda mungkin tidak akan menyangka dengan hal ini. Akan tetapi air suam-suam kuku adalah yang terbaik untuk kulit. Sebab air dingin atau air panas akan menyebabkan iritasi.

Menggunakan Sarung Bantal Katun

Sutra atau satin adalah bahan terbaik untuk kulit. sebab karun dapat membuat kulit menjadi iritasi dan keriput. Namun jika Anda tetap memilih bahan katun, pilihlah katun yang sangat lembut terasa oleh kulit, terutama untuk kulit wajah.





Nah itulah beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah.

No comments:

Post a Comment