Wednesday, September 14, 2016

Cara Mencuci Kebaya Berpayet Agar Tidak Cepat Rusak

Cara mencuci kebaya merupakan hal yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Berbeda dengan pakaian lainnya, kebaya harus diberikan perhatian khusus saat mencucinya. Sebab jika tidak kebaya akan cepat rusak dan tidak cantik lagi. Nah bagi Anda yang bingung dengan bagaimana cara mencuci baju kebaya yang baik dan benar, jangan khawatir karena kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.


Kebaya merupakan salah satu baju tradisional khas Indonesia yang sampai saat ini masih digunakan untuk menghadiri berbagai macam acara, mulai dari acara pernikahan, pesta dan acara resmi lainnya. Mengingat hanya acara-acara tertentu saja yang diharuskan menggunakan kebaya, tentu saja kita harus mengetahui cara yang tepat mencuci dan merawat kebaya. Dengan begitu kebaya akan tidak mudah rusak meski disimpan dalam beberapa tahun.


Umumnya ada beberapa macam kebaya yang sering digunakan, mulai dari kebaya brokat, kebaya bordir hingga kebaya payet. Kebaya brokat dan kebaya bordir mungkin cara mencuci dan perawatannya lebih mudah jika dibandingkan dengan kebaya berpayet.


Kebaya payet tentu saja tidak boleh dicuci dengan baju biasa, sebab dapat membuat pernak-pernik kebaya copot dan tidak cantik lagi.  Tak hanya itu saja, kain kebaya ini juga sangat rapuh dan mudah rusak. Oleh karena itu Anda harus tahu betul bagaimana cara mencucinya. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasannya.cara-mencuci-kebaya



Inilah Cara Mencuci Kebaya Payet Agar Tak Mudah Sobek dan Rusak


Hindari Penggunaan Mesin Cuci


Mungkin cara yang satu ini sudah diketahui oleh banyak orang. Ya, dalam mencuci kebaya payet sebaiknya dicuci dengan cara manual. Hindari mencuci kebaya payet dengan menggunakan mesin cuci sebab dapat kebaya rusak dan payetnya pun dapat copot karena tergesek mesin cuci.




Baca juga model baju kurung terbaru yang paling diminati wanita



Rendam Kebaya dengan Detergen


Sama seperti mencuci pakaian biasa, rendamlah kebaya beberapa saat agar kotoran yang menempel dapat hilang dan bersih kembali. Namun jangan terlalu lama dalam merendam kebaya, sebab detergen dapat memudarkan warna kebaya. Setelah merendamnya beberapa saat, celup-celupkan saja kebaya dalam larutan detergen tersebut.


Hindari Penggunaan Sikat Cuci


Saat mencuci kebaya sebaiknya Anda pun tidak menggunakan sikat cuci. Tak kebaya berpayet, kebaya brokat dan bordir juga tak disarankan untuk dicuci dan dibersihkan dengan sikat cuci. Sebab menggunakan sikat baju saat mencuci kebaya hanya akan merusak kainnya. Jikalau ada noda yang menempel pada kebaya yang susah dibersihkan, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi kecil.


Setelah dirasa kebaya sudah terbebas dari noda, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Hindari penggunaan pelembut pakaian karena bisa merusak serat kain kebaya. Agar tidak bau, saat memakainya Anda bisa menyemprotkan minyak wangi secukupnya.


Jemur Kebaya


Saat menjemur kebaya, Anda tidak boleh menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat membuat warna kebaya semakin pudar, jemurlah kebaya di tempat sejuk dan teduh hingga benar-benar kering. Setelah kering Anda bisa menyimpannya di tempat yang kering dan tak lembab agar terbebas dari jamur yang dapat merusakan kebaya. Anda juga bisa memberikan pewangi pakaian di dalam lemari agar kebaya tetap segar dan tidak dirusak oleh ngengat.


Jangan Terlalu Sering Mencuci Kebaya


Berbeda dengan baju sehari-hari yang setiap hari digunakan, kebaya hanya akan digunakan pada acara-acara tertentu dengan waktu yang sikat. Oleh karena itu tak apa jika tak mencucinya terlalu sering, Anda bisa mencuci kebaya setelah 3 hingga 4 kali pemakaian. Bukan tanpa tujuan, hal ini berguna agar kebaya tidak mudah rusak dan warnanya pun tak mudah pudar.


Bawa Ke Jasa Cuci Kebaya


Jika Anda kesulitan mencuci kebaya, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa laundry khusus kebaya yang sudah berpengalaman. Selain lebih aman, menggunakan jasa laundry juga dapat menurunkan risiko terjadi kerusakan pada kebaya.




Baca juga model kebaya lengan pendek agar cantik dan menawan



Nah itulah beberapa cara mencuci kebaya berpayet yang benar dan tepat yang bisa dicoba.

No comments:

Post a Comment