Thursday, September 1, 2016

Cara Merawat Kulit Wajah Kusam Secara Alami Agar Lebih Cerah

Cara merawat kulit wajah kusam secara alami sebenarnya gampang-gampang susah untuk dilakukan. Perlu sedikit usaha untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan sehat. Maka jangan heran jika para wanita akan melakukan apa saja untuk memiliki kulit yang mereka inginkan. Nah kali ini akan membahas mengenai cara yang tepat dalam merawat kulit wajah kusam agar lebih cerah. Pastinya Anda penasaran kan? Simak saja ulasannya berikut ini.


Memiliki kulit wajah bersih, sehat dan terbebas dari jerawat adalah idaman bagi setiap orang. Sebab dengan memiliki kulit wajah yang seperti itu dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka ketika tampil di depan publik. Banyaknya produk kecantikan yang ada di pasaran, membuat mereka bingung produk kecantikan mana yang benar-benar aman digunakan. Padahal ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat wajah.


Jika dibandingkan dengan produk kecantikan yang dijual di pasaran, produk kecantikan buatan sendiri dengan menggunakan bahan alami tentu saja lebih aman dan bebas dari efek samping. Sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui sebenarnya apa penyebab kulit wajah menjadi kusam dan tak sehat?


Umumnya ada banyak sekali hal dapat menyebabkan hal ini, mulai dari kurangnya perawatan wajah, malas membersihkan kulit, kulit sering terpapar sinar matahari, sering mengonsumsi makanan berminyak serta produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Lantas bagaimana cara merawatnya? Berikut ulasannya.Cara merawat kulit wajah kusam secara alami



Cara Merawat Kulit Wajah Kusam yang Tepat Agar Lebih Cerah


Membersihkan Wajah Secara Teratur


Membersihkan wajah secara teratur adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan jika ingin memiliki kulit wajah yang cerah. Maka jangan heran jika banyak artikel yang mengatakan bahwa mencuci wajah adalah syarat wajib untuk mendapatkan kulit cerah. Namun tahukah Anda hingga saat ini banyak wanita yang masih kurang tepat dalam membersihkan wajah.




Baca juga perawatan kulit wajah berkomedo secara alami dan paling efektif



Pakar kecantikan Dr. Pakpilai Thavisin mengatakan bahwa menerapkan facial foam atau toner sebenarnya tidak boleh diusap ataupun digosok dengan tangan. Kegiatan ini justru dapat membuat permukaan kulit menjadi kasar dan kusam.


Lalu bagaimana cara membersihkan wajah yang tepat? Dr Pakpilai menyarankan untuk melakukan facial steam atau penguapan sebelum membersihkan wajah. Penguapan wajah ini berguna untuk membuka pori-pori wajah sehingga air dapat meresap ke dalam kulit dan membantu membersihkan wajah lebih mendalam.


Anda bisa melakukan penguapan dengan alat steamer wajah elektronik ataupun dengan baskom berisi air panas selama 3 hingga 6 menit. Setelah penguapan selesai, bersihkan wajah dengan produk yang biasa Anda pakai, usapkan secara perlahan lalu angkat menggunakan spon lembut.


Setelah itu gunakanlah toner, namun ingat jangan mengusapnya dengan kapas tapi tepuk-tepuk dengan kedua tangan agar meresap. Begitupun ketika Anda akan menggunakan pelembab. Jika dilakukan secara rutin, tips membersihka wajah ini dapat membuat kulit tampak muda, cerah dan lembab.


Gunakan Masker Pisang


Setelah mengetahui cara membersihkan wajah yang tepat, Anda bisa menerapkan masker wajah alami. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah masker pisang. Pisang kaya akan mineral dan vitamin yang dapat menutrisi dan melembabkan kulit wajah.


Caranya pun sangat mudah, siapkan satu buah pisang yang sudah matang lalu haluskan. Anda juga bisa mencampurkannya dengan sedikit madu ataupun minyak zaitun agar hasilnya lebih optimal. Lakukan perawatan ini secara teratur agar wajah cerah dan sehat.


Minyak Zaitun


Cara merawat kulit wajah kusam secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Sudah menjadi rahasia umum jika minyak zaitun sering dimanfaatkan untuk merawat kulit. Sebab kandungan vitamin E dan antioksidan tinggi yang ada di dalamnya mampu mencerahkan serta menghilangkan flek hitam akibat jerawat.


Caranya, oleskan minyak zaitun pada wajah hingga rata. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat dan bilas lagi dengan menggunakan air dingin. Selain mengoleskan minyak zaitun secara langsung, Anda juga bisa menambahkan putih telur ataupun madu agar hasilnya lebih optimal.


Tomat


Berikutnya adalah dengan memanfaatkan tomat. Tomat juga kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C pada tomat dapat membuat kulit tampak cerah dan terbebas dari jerawat. Sedangkan kandungan air dalam buah ini dapat membuat kulit lebih lembab dan sehat.


Caranya, iris tomat tipis-tipis lalu tempelkan pada wajah hingga rata. Diamkan selam beberapa menit agar kandungan vitamin dan nutrisi meresap pada kulit, setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.




Baca juga pelembab untuk kulit berminyak yang tepat dan tak bikin jerawatan



Kurangi Begadang dan Jaga Pola Makan


Perlu diketahui kesehatan kulit juga sangat dipengaruhi dari gaya hidup dan pola makan yang kita terapkan. Gaya hidup sehat juga dapat membuat kulit selalu sehat dan terjaga. Oleh karena itu pastikan Anda mengurangi begadang, tidur teratur dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur dalam setiap harinya.


Demikianlah ulasan mengenai cara merawat kulit wajah kusam secara alami agar lebih cerah.

No comments:

Post a Comment