Friday, October 28, 2016

Langkah dan Cara Facial di Rumah yang Bisa di Coba

Langkah dan cara facial di rumah sebenarnya sangat sederhana sekali dan mudah untuk dicoba. Hanya saja belum banyak orang yang tahu bagaimana cara yang tepat facial di rumah. Sehingga banyak mereka yang melakukan facial di salon ataupun klinik kecantikan. Nah bagi Anda yang ingin mencoba facial wajah di rumah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. Sebab kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.


Seperti yang Anda ketahui, facial adalah salah satu jenis perawatan wajah yang paling sering dilakukan oleh semua orang. Sebab ada banyak sekali manfaat facial wajah yang bisa kita dapatkan, mulai dari wajah tampak lebih bersih, bebas komedo, pori-pori wajah mengecil dan wajah terlihat lebih segar dan fresh. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum facial wajah, seperti memilih tempat facial yang terpercaya serta sangat disarankan untuk bertanya kepada teman atau saudara. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari efek samping facial wajah yang mungkin terjadi akibat peralatan yang digunakan tidak steril.


Meskipun sangat merepotkan dan mengharuskan kita untuk mengeluarkan uang lebih, pada dasarnya facial merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki waktu serta  budget yang terbatas untuk facial? Tenang, jangan khawatir meskipun tidak memiliki waktu serta budget yang pas-pasan Anda masih bisa melakukan facial di rumah.


Dengan menggunakan beberapa bahan alami dan peralatan sederhana Anda tetap bisa memiliki kulit wajah yang putih dan bersih. Daripada penasaran, berikut adalah langkah yang tepat jika ingin melakukan facial di rumah.cara-facial-wajah-di-rumah



Cara Facial di Rumah dengan Bahan Alami Paling Aman


Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan


Cara yang pertama adalah dengan mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan selama proses facial, seperti pembersih wajah, sabun pencuci muka, masker, scrub, air hangat dan juga serum. Sedangkan untuk peralatan yang harus disiapkan antara lain penjepit rambut, handuk, kuas, masker, air hangat dan baskom. Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, Anda bisa mulai melakukan facial itu sendiri.




Baca juga macam-macam perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah



Cuci Wajah dengan Air Hangat


Jika masih ada make up yang menempel, gunakanlah make up remover untuk membersihkannya lalu bilas wajah menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Setelah itu Anda bisa membersihkan wajah dengan sabun. Ketika mencuci wajah, lakukan gerakan melingkar dari bawah ke atas menggunakan jari-jarimu. Hal ini bertujuan ahar kotoran dan minyak pada wajah benar-benar terangkat lalu bilas dengan menggunakan air dingin.


Gunakan Moisturizer dan Pijatlah


Cara berikutnya adalah dengan menggunakan moisturizer lalu pijatlah wajah dari tengah dagu dan lakukan gerakan memutar ke arah luar. Lakukan pula gerakan yang sama pada wajah tengah dan arahkan ke luar hingga pipi. Setelah itu, lanjutkan dengan memijat bagian sekitar mata dan pelipis. Sedangkan pada dahi, pijatlah secara memutar hingga ke arah pelipis dan tepuk-tepuklah seluruh wajah dengan menggunakan jari.


Lalu Anda bisa membersihkan wajah dengan handung yang telah dibasahi dengan air hangat. Memijat wajah berguna untuk merilekskan otot-otot supaya sirkulasi darah pada wajah menjadi lebih lancar. Cara yang baik ketika memijat wajah adalah dengan menggunakan jari tengah dan jari manis.


Lakukan Penguapan


Penguapan atau steam adalah langkah dan cara facial di rumah yang tak boleh dilewatkan. Penguapan atau steam ini berguna untuk merangsang pori-pori kulit agar terbuka secara lebar sehingga Anda bisa membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalamnya.


Caranya, siapkan semangkuk air panas dan dekatkan wajah di atas mangkuk tersebut. pastikan Anda juga menutup bagian kepala dengan handuk, hal ini bertujuan agar uap air panas dapat tepat mengenai wajah. Lakukan hal ini selama kurang lebih 5 menit setelah itu lakukan  langkah selanjutnya.


Lakukan Scrubbing


Setelah pori-pori wajah terbuka, lakukanlah scrubbing untuk mengangkat kotoran dan minyak. Scrubbing yang Anda lakukan ini juga dapat mengangkat sel kulit mati di wajah. Pakailah scrub yang memiliki butiran lembut agar tidak menimbulkan iritasi.


Caranya, aplikasikan dengan gerakan sedikit memijat dan memutar setelah itu lakukan scrubbing yang lama pada area wajah yang terdapat banyak komedo, seperti dahi, dagu dan sekitar hidung. Setelah itu bilaslah engan pencuci wajah hingga bersih.


Oleskan Masker


Setelah scrubbing, oleskan makser yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Untuk kulit kering, Anda bisa menggunakan masker alpukat dan madu. Sedangkan bagi Anda yang berkulit berminyak, gunakanlah masker yang kaya vitamin C seperti masker stoberi, jeruk dan lainnya.


Basuh Air Dingin


Sebagai tahap akhir, bersihkan masker yang sudah kering dengan air biasa. Lalu, bilas kembali dengan menggunakan air dingin agar pori-pori wajah bisa mengecil kembali.




Baca juga macam-macam facial wajah lengkap dengan manfaatnya



Nah itulah langkah dan cara facial di rumah yang bisa Anda coba.

No comments:

Post a Comment